> > Sulit memperoleh air

Sulit memperoleh air

Posted on Senin, 11 Juni 2012 | Comments Off


Air merupakan sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup ciptaan Allah SWT, baik itu tanaman, hewan, maupun manusia. Tanpa adanya air, maka manusia dan makhluk hidup lainnya tidak akan bisa bertahan hidup. Air memiliki peran penting bagi kelangsungan hidup manusia,  tanpa adanya air maka tidak akan bertahan seluruh kelangsungan hidup di bumi kita ini.

Manusia mungkin dapat hidup beberapa hari akan tetapi manusia tidak akan bertahan selama beberapa hari jika tidak minum karena  sudah mutlak bahwa sebagian besar zat pembentuk tubuh manusia itu terdiri dari 73% adalah air. Jadi bukan hal yang baru jika kehidupan yang ada di dunia ini dapat terus berlangsung karen tersedianya Air yang cukup. Dalam usaha mempertahankan kelangsungan hidupnya, manusia berupaya mengadakan air yang cukup bagi dirinya sendiri. Berikut ini air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia dengan segala macam kegiatannya, antara lain digunakan untuk: [1]
  • keperluan rumah tangga, misalnya untuk minum, masak, mandi, cuci dan pekerjaan lainnya,
  • keperluan umum, misalnya untuk kebersihan jalan dan pasar, pengangkutan air limbah, hiasan kota, tempat rekreasi dan lain-lainnya.
  • keperluan industri, misalnya untuk pabrik dan bangunan pembangkit tenaga listrik.
  • keperluan perdagangan, misalnya untuk hotel, restoran, dll.
  • keperluan pertanian dan peternakan
  • keperluan pelayaran dan lain sebagainya [2]
Di zaman yang telah modern sekarang ini, dalam memenuhi kebutuhan air sehari-hari, manusia tidak hanya memperoleh air dari sungai, laut atau menggali sumur saja. Sekarang sudah ada perusahaan-perusahaan yang menyediakan air bersih secara berlangganan.

Namun ditempat saya tinggal, di Jalan Kawat Kelurahan Tanjung Mulia Hilir Kecamatan Medan Deli beberapa bulan belakangan ini air di rumah saya sulit diperoleh. Air hanya hidup pada waktu memasuki kisaran jam 1 dini hari hingga jam 6 pagi. Memasuki jam 7 pagi hingga jam 7 malam, air tidak hidup sama sekali, kalaupun hidup hanya setetes atau dengan volume yang sangat kecil. Memasuki Jam 8 malam terkadang air masih mati, namun kalau hidup dengan volume yang rendah juga. Saya bertanya kepada  tetangga-tetangga di lingkungan rumah saya, ternyata mereka mengalami kondisi yang sama dengan saya, air susah diperoleh jika pagi atau siang hari. Sebagai solusinya, pada waktu dini hari saya menampung air di ember atau baskom untuk mengantisipasi kekurangan air di pagi harinya (padahal dirumah saya memiliki dua kamar mandi dengan bak penampung air yang cukup besar).
Apakah diwilayah lain juga mengalami hal yang sama seperti tempat tinggal saya? Atau hanya didaerah tempat tinggal saya saja yang mengalami kesulitan air? Untuk saat ini saya belum tahu penyebab kondisi kesulitan air hingga saat ini. Semoga keadaan bisa kembali menjadi normal.

Footnote:
[1] http://hangat.blog.unissula.ac.id/fungsi-dan-peran-air-bagi-kehidupan-manusia/
[2] ibid

RezaRahmat Blog. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Teman